Senin, 28 Mei 2012

Sistem Ekonomi Kapitalis


Pendahuhluan

Sistem ekonomi kapitalis lahir pada tahun 1648, yang 21mengawal munculnya sistem ekonomi kapitalis adalah gerakan individualism. Gerakan ini kemudian menyebar luas ke eropa barat dan amerika utara, lahirnya sistem ekonomi kapitalis ditandai dengan tercapainya perjanjian westhaplia yang dipandang lahirnya sistem Negara modern. Dua kejadian yg menjadi acuan peradaban dunia :
·         Revolusi Industri (1760-1860)
·         Revolusi Prancis (1775-1799)

Secara tidak langsung itu menandai bahwa sistem ekonomi kapitalis layak untuk dijadikan sebuah sistem ekonomi yang memajukan perekonomian suatu Negara.

Adam smith yang selalu dikaitkaitkan dalam sistem ekonomi kapitalis bahkan beliau dingggap sabagai Mahaguru Kapitalis, sebab dalam buku The nation of wealth adam smith sangat menekankan nilai tambah. Transformasi peradaban dan dunia sosial ketika masa decade lahirnya sistem ekonomi kapitalis itu di dorong oleh para baron (sebutan untuk kaum Feodal), deretan historisnya mengemukakan bahwa sistem ekonomi kapitalis dimulai dari communal primitive, ia melahirkan feodalisme dan feodalisme menghasilkan kapitalisme dsn kapitalisme melahirkan komunisme dan liberalism.

Karl Marx dia seorang yang menentang adanya kapitalisme yang menkroni di eropa bahkan marx kental sekali dengan kehidupan kelas” menengah. Marx menentang kapitalisme melalui premis – premis yang di cetuskan dalam buku neo Marxian dan das capital yang didalamnya menekankan adanya kelas – kelas sosial dalam kapitalisme yang menjadi kontradiksi – kontradiksi dalam dialektika marx. Marx menentang pula kaum – kaum borjuis yang selalu dikaitkan dengan kaum proletar yang menjadi mesin penggerak uang mereka dengan menekankan upah yang serendah – rendahnya demi merauk keuntungan para kapitalisme.

Cara kerja sistem ekonomi kapitalis
·         Memebeli
·         Menjual
·         Bekerja
·         Menggaji




Ciri – Ciri sitem ekonomi kapitalis

Sistem ekonomi kapitalis merupakan sistem ekonomi yang berasaskan bebas dimana setiap warga Negara di bebaskan untuk memproduksi barang, mendistribusikan kepada konsumen tanpa mendapat intervensi dari pemerintah.




 Ciri – Ciri Sistem Eonomi Kapitalis ·         Pengakuan luas atas Hak pribadi.
·         Perekonomian Diatur oleh mekanisme Pasar.
·         Manusia Dipandang sebagai makhluk homo-economicus. Yang selalu mengejar kepentingan privasi.
 Kebaikan – kebaikan Sistem Ekonomi Kapitalis·         Lebih efisien dalam pemanfaatan sumber daya dan distribusi barang.
·         Kreativitas masrakan tinggi.
·         Pengawasan sosial politik minim.
 Kelemahan – kelemahan Sistem Ekonomi Kapitalis
 ·         Tiadak ada persaingan sempurna, yang ada persaingan tidak sempurna dan monopolistic.
·         Sistem harga gagal mengalokasikan dana secara efisien.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar